Arief Ramadhan Blog merupakan sebuah Blog yang diperuntukkan untuk berbagi informasi seputar Tips dan Trik Blogging, Jual Beli, Jasa, dan segala yang yang bermanfaat akan dibagi disini.

Aksi Lintas Pelaku dan Komunitas Peduli Wisata Jogja

Yogyakarta - Aksi Lintas Pelaku dan Komunitas Peduli Wisata Jogja | Berawal dari Visi Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2005 - 2025 yang mengamanatkan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai pusat pendidikan, budaya dan daerah tujuan wisata terkemuka di Asia Tenggara dan tahun 2025 dalam lingkungan masyarakat maju, mandiri dan sejahtera.
Foto Panggung Acara Diambil dari Drone Komunitas Multirotor Jogja
Foto Panggung Acara Diambil dari Drone Komunitas Multirotor Jogja

Besarnya jumlah pelaku dan komunitas pegiat pariwisata di DIY yang memiliki kepedulian dan semangat kebersamaan menjadi salah satu resource yang siginifikan dalam pembangunan kepariwisataan DIY.

Merujuk dari hal diatas, maka Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan sebuah konsep acara yang diberi nama "#LintasIstimewa Aksi Lintas Pelaku dan Komunitas Peduli Wisata Jogja" yang diadakan pada tanggal 30 - 31 Mei 2015 di Taman Breksi Situs Geoheritage Candi Ijo.

Lokasi Taman Breksi sendiri berjarak 800 meter di sebelah timur lokasi Candi Ijo yang merupakan candi tertinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sekitar kawasan tersebut, terdapat kompleks Candi Barong, Candi Banyunibo, Candi Sojiwan, Candi Boko dan Candi Prambanan.

Dengan ketinggian 310 mdpl, keberadaan Taman Breksi mempunyai keunggulan visual dengan panorama pegunungan dan lembah disekitarnya. Akan terasa indah ketika kita berada di lokasi pada saat sore hari, menikmati indahnya sunset (matahari tenggelam).

Foto Panggung Acara Pada Siang Hari
Foto Panggung Acara Pada Siang Hari
Acara yang dikonsep untuk menjadi ajang gathering dan penguat kerja sama antar komunitas ini yang terdiri dari bebagai bidang penggiat pariwisata dalam lingkup Daerah Istimewa Yogyakarta. Gathering ini juga diharapkan menjadi sebuah wahana komunikasi antara setiap komunitas dalam memajukan pariwisata di DIY sendiri.

Selain itu, acara ini juga dimaksudkan sebagai awal launching website komunitas www.VisitingJogja.com yang dapat dimanfaatkan bagi pegiat komunitas dalam mempublikasikan hal - hal yang berkaitan dengan pariwisata jogja.

Didukung banyak komunitas yang siap mengembangkan pariwisata jogja, akan siap mendukung tujuan baik dari acara tersebut, diantaranya:
  • Terwujudnya sinergitas pelaku dan komunitas pegiat wisata di DIY
  • Terselenggaranya Pembinaan dan Sosialisasi pada pelaku dan komunitas pegiat wisata melalui interaksi lintas pelaku dan komunitas.
  • Pengembangan dan  pengenalan potensi destinasi wisata minat khusus (special interest tourism) baru di DIY.
  • Terwujudnya konsep pengembangan wisata berbaris komunitas (community based).
Banyak sekali pelaku komunitas yang ada di Jogja yang mengikuti acara ini, mulai dari para penggiat komunitas olahraga, hobby, sampai kepada komunitas yang peduli akan budaya indonesia khususnya jogja.

Aksi Lintas Pelaku dan Komunitas Peduli Wisata Jogja
Komunitas Sepeda Gunung
Aksi Lintas Pelaku dan Komunitas Peduli Wisata Jogja
Komunitas Land Rover
Aksi Lintas Pelaku dan Komunitas Peduli Wisata Jogja
Drone dari Komunitas Drone 
Tidak hanya pertunjukan - pertunjukan dari setiap komunitas, tetapi ada juga lombo Photography yang di selenggarakan bersama dengan acara Lintas Istimewa ini. Dengan menghadirkan Dimas dan Diajeng sebagai talent dalam lomba, tidak mengurangi antusias para peserta dan makna dari acara yang diselenggarakan.

Aksi Lintas Pelaku dan Komunitas Peduli Wisata Jogja
Salah Satu Pasangan Dimas dan Diajeng Yang Menjadi Talent Foto Lomba
Aksi yang tidak kalah keren adalah Aksi dari Komunitas Paralayang yang mempersembahkan Banner Lintas Istimewa yang dengan indahnya terbang di Angkasa, sesuai dengan mimpinya yang menjulang tinggi dan bebas laksana burung terbang.

Lintas Komunitas Wisata Jogja Istimewa Yang Mengudara Dengan Indahnya
Semoga apa yang di impikan oleh Dinas Pariwisata Provinsi DIY yang berkejasama dengan Komunitas - komunitas yang tergabung dalam membangung Paiwisata Jogja untuk menjadi tujuan wisata para wisatawan dunia segera terkabul. (Ard).
1 Komentar untuk "Aksi Lintas Pelaku dan Komunitas Peduli Wisata Jogja"

Semoga semakin kunjungan wisatawan makin meningkat
Oli Motor Terbaik – TOTAL Hi-Perf

Mohon Komentar yang di Posting tidak mengandung SARA, PORNOGRAFI dan lain-lain.

Best Regard,

^.^

Back To Top